Analisis Website Kabupaten Karangasem

on Jumat, 09 Januari 2015

KABUPATEN KARANGASEM

Alamat website dari Kabupaten Karangasem : http://karangasemkab.go.id . Berikut ini merupakan hasil analisa dari website Kabupaten Karangasem berdasarkan panduan dari KOMINFO (2003):
1.      Selayang Pandang
Website Kabupaten Karangasem memiliki penjelasan mengenai sejarah Kabupaten Karangasem. Website kabupaten ini juga menjelaskan lambang, arti lambang, dan juga arti warna lambang daerah Kabupaten Karangasem tersebut sebagai bentuk simbol pemerintahan mereka. Selain itu, kabupaten ini memiliki visi dan misi. Namun, pada website tersebut belum mencantumkan moto. Pada website tersebut juga terdapat lokasi Kabupaten Karangasem dalam bentuk peta sehingga pengunjung dapat mengetahui letak posisi Kabupaten Karangasem.

2.      Pemerintahan Daerah  
Website ini memiliki menu pemerintahan eksekutif dan pemerintahan legislatif. Namun, untuk pemerintahan eksekutif tidak tercantum penjelasan apapun. Sedangkan pemerintahan legislatif terdapat nama anggota fraksi DPRD periode masa bhakti 2009-2014 beserta jabatan dan partainya dan juga terdapat susunan keanggotaan pimpinan, badan musyawarah, komisi, badan anggaran, dan badan kehormatan DPRD Kabupaten Karangasem, disini juga terdapat biodata pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Karangasem yang disertai nomor telepon dan alamat untuk dapat dihubungi.

3.      Geografi
Website ini menjelaskan kondisi geografi Kabupaten Karangasem secara lengkap mulai dari batas administrasi, pembagian wilayah administrasi hingga luas kesesuaian lahan berdasarkan penggunaannya. Website ini juga menjelaskan demografi yang membahas keadaan penduduk Kabupaten Karangasem mulai dari jumlah penduduk berdasarkan sumber Badan Pusat Statistik Kabupaten Karangasem, tingkat pendidikan, ketenagakerjaan hingga keagamaannya. Pada website ini juga dijelaskan perekonomian yang berjalan di Kabupaten Karangasem secara lengkap. Dan pada website ini juga dijelaskan mengenai keadaan cuaca dan iklim di Kabupaten Karangasem. Macam-macam kebudayaan yang ada di Kabupaten Karangasem juga dijelaskan di website tersebut.

4.      Peta Wilayah dan Sumberdaya
Website ini memiliki peta wilayah Kabupaten Karangasem dan juga peta wilayah dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Karangasem. Selain itu, terdapat peta curah hujan, peta jenis tanah, peta kemiringan tanah, peta ketinggian, peta lokasi bahan galian, dan juga peta lokasi pariwisata.

5.      Peraturan/Kebijakan Daerah
Website ini menjelaskan peraturan daerah (perda) yang telah dikeluarkan oleh pemerintah daerah bersangkutan. Melalui situs web pemerintah daerah ini semua perda yang dikeluarkan disosialisasikan kepada masyarakat luas.

6.      Buku Tamu
      Website ini telah dilengkapi dengan fitur buku tamu yang berfungsi untuk menyampaikan kritik dan saran kepada pemda Kabupaten Karangasem. Seluruh isi dari buku tamu ditampilkan secara transparan sehingga pengguna lain dapat melihat berbagai kritik dan saran yang telah diberikan oleh pengunjung website ini.


No
Unit Analisis
Bobot Nilai
Kategori
Bobot Nilai
Nilai Indikator
Nilai
Nilai Total
1
Informasi Menu Utama Dalam Web Site
25%
Potensi Daerah
40%
5
40%
22%
Komoditas Utama
30%
3
18%
Kualitas SDM
30%
5
30%
2
Informasi Tambahan dalam fasilitas WebSite
20%
Tahap I
20%
3
12%
14%
Tahap II
30%
1
6%
Tahap III
50%
5
50%
3
Penyedia Hubungan
15%
G2C
40%
5
40%
10%
G2B
30%
1
6%
G2G
30%
3
18%
4
Aksesibilitas
10%
< 10 Detik
100%
3.5
70%
7%
10-30 Detik
70%
> 30 Detik
50%
5
Design
10%
Animasi
30%
5
30%
10%
Grafis
30%
5
30%
Teks Lengkap
40%
5
40%
6
Jumlah Tingkatan Informasi
20%
1 Tingkat
25%
3
15%
10%
2 Tingkat
25%
2
10%
3 Tingkat
25%
1
5%
4 Tingkat
25%
4
20%
Total
72%

UNIT ANALISIS : INFORMASI MENU UTAMA DALAM WEBSITE
·         Kategori Potensi daerah
Nilai indikator website pada kategori ini : 5  dengan perhitungannya 5/5 x 40% = 40%.
Website ini memiliki 7 informasi mengenai potensi daerah yang disajikan secara lengkap, potensi yang disajikannya antara lain adalah tenaga kerja, pertanian, peternakan, perikanan, pariwisata, perindustrustrian,dan kehutanan.
·         Kategori Komoditas Utama
Nilai indikator website pada kategori ini : 3  dengan perhitungannya 3/5 x 30% = 18%.
Informasi mengenai komoditas utama yang ada pada situs ini disajikan cukup lengkap. Tetapi hanya terdapat 2 komoditas utama dari 4 kriteria penilaian komoditas utama yaitu adalah pertanian dan pengolahan industri. Untuk bidang pertanian Kabupaten Karangasem dapat menghasilkan kacang tanah, mete, kopi, salak, jagung dan padi. Dan di bidang pengolahan industri Kabupaten Karangasem dapat menghasilkan kerajinan anyaman ate, kerajinan songket, kerajinan batu tabas, kerajinan tenun geringsing, dan kerajinan kayu.
·         Kategori Kualitas SDM
Nilai indikator website pada kategori ini : 5  dengan perhitungannya 5/5 x 30% = 30%.
Website ini menjelaskan informasi mengenai kualitas SDM di Kabupaten Karangasem Berdasarkan penilaian kriteria SDM, informasi yang disajikan adalah laju pertumbuhan, kepadatan penduduk, dan jumlah penduduk berdasarkan jenis kelamin berdasarkan data statistik tahun 2013.

UNIT ANALISIS : INFORMASI TAMBAHAN DALAM FASILITAS WEBSITE
·         Kategori Tahap I
Nilai indikator website pada kategori ini : 3  dengan perhitungannya 3/5 x 20% = 12%.
Pada website ini menjelaskan mengenai pendidikan yaitu adalah angka partisipasi kasar pendidikan, jumlah mahasiswa dan siswa di masing-masing kecamatan, dan juga terdapat berita pendidikan.
·         Kategori Tahap II
Nilai indikator website pada kategori ini : 1  dengan perhitungannya 1/5 x 30% = 6%.
Pada website ini belum memiliki informasi mengenai perniagaan yang ada di Kabupaten Karangasem.
·         Kategori Tahap III
Nilai indikator website pada kategori ini : 5  dengan perhitungannya 5/5 x 50% = 50%.
Pada website ini menjelaskan mengenai informasi kesehatan yaitu informasi mengenai rsud di Kabupaten Karangasem, informasi layanan masyarakat berupa instansi yang ada di Kabupaten Karangasem, informasi layanan perizinan, pengumuman lelang, jadwal kegiatan pemda dan juga informasi kegiatan pemda.

UNIT ANALISIS : PENYEDIAAN HUBUNGAN
·         Kategori G2C (Government to Citizen)
Nilai indikator website pada kategori ini : 5 dengan perhitungannya 5/5 x 40% = 40%.
Untuk dapat saling berkomunikasi antara pemerintah dengan masyarakat, dalam website ini terdapat buku tamu, forum komunikasi pengunjung atau ruang konsultasi, webmail, dan juga kontak yang dapat dihubungi seperti nomor telepon, fax, email dan alamat kantor pemerintahan Kabupaten Karangasem.
·         Kategori G2B (Government to Business)
Nilai indikator website pada kategori ini : 1 dengan perhitungannya 1/5 x 30% = 6%.
Website ini belum memiliki hubungan kerjasama pada beberapa perusahaan untuk menghasilkan suatu keuntungan bisnis.
·         Kategori G2G (Government to Government)
Nilai indikator website pada kategori ini : 3 dengan perhitungannya 3/5 x 30% = 18%.
Pada website ini memiliki hubungan dengan pemerintahan daerah setingkat, dan juga badan atau lembaga di bawah pemerintahan yang bersangkutan. Karena pada website tersebut memiliki cukup banyak link untuk menuju ke lembaga lain seperti website DPRD Kabupaten Karangasem, Dinas Pendapatan, Dinas Komunikasi dan Informasi, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, JDIH Kabupaten Karangasem, dan Dinas Pariwisata.

UNIT ANALISIS : AKSESIBILITAS
·         Kategori <10 detik, 10 – 30 detik dan >30 detik
Nilai indikator website pada kategori ini : 3,5 dengan perhitungannya 3,5/5 x 100% = 70%.
Nilai aksesbilitas pada website Kabupaten Karangasem yang diperoleh berdasarkan situs perhitungan kecepatan jaringan yang beralamat di http://tools.pingdom.com dengan percobaan sebanyak 3 kali yaitu adalah 12.22 detik, 11.14 detik dan 17.43 detik. Dan data percobaan tersebut dibagi 3 sehingga diperoleh rata-rata aksesbilitas sebesar 13.59 detik.

UNIT ANALISIS : DESIGN
·         Kategori Animasi
Nilai indikator website pada kategori ini : 5 dengan perhitungannya 5/5 x 30% = 30%.
Animasi yang terdapat pada website sangat baik, yakni ketersediaan animasi di dalam situs, interaktif seperti gambar yang dapat begerak dan dapat diklik, kejelasan informasi dalam animasi, serta kerapihan animasi.
·         Kategori Grafis
Nilai indikator website pada kategori ini : 5 dengan perhitungannya 5/5 x 30% = 30%.
Pada website ini warna yang digunakan sangat senada dan tidak melelahkan mata. Warna yang dipakai yaitu perpaduan antara warna coklat dan krem yang memberikan kesan sederhana. Peletakan gambar dan font tulisan pada website ini juga terlihat jelas dan tidak membingungkan pengunjung situs.
·            Kategori Teks Lengkap
Nilai indikator website pada kategori ini : 5 dengan perhitungannya 5/5 x 40% = 40%.
Pada website ini bahasa yang digunakan cukup baik dan juga mudah untuk dimengerti. Pemilihannya kata juga cukup baik. Kelengkapan huruf dan format penulisan tidak terdapat masalah yang berarti.

UNIT ANALISIS : JUMLAH TINGKATAN INFORMASI
·            Kategori 1 Tingkat
Nilai indikator website pada kategori ini : 3 dengan perhitungannya 3/5 x 25% = 15%.
Website ini tidak menjelaskan secara jelas mengenai sarana untuk kemudahan akses. Namun pada website tersebut menjelaskan tentang persiapan SDM seperti program-program yang disediakan untuk bidang pendidikan dan pada website tersebut terdapat informasi mengenai kelembagaan yang ada di Kabupaten Karangasem seperti alamat, nomor telepon dan email dari lembaga tersebut.
·            Kategori 2 Tingkat
Nilai indikator website pada kategori ini : 2 dengan perhitungannya 2/5 x 25% = 10%.
Pada situs ini terdapat link yang terhubung dengan lembaga lain seperti website DPRD Kabupaten Karangasem, Dinas Pendapatan, Dinas Komunikasi dan Informasi, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, JDIH Kabupaten Karangasem, dan Dinas Pariwisata. Namun pada website tersebut tidak terdapat informasi publik interaktif dan tidak ada link dengan social media.
·            Kategori 3 Tingkat
Nilai indikator website pada kategori ini : 1 dengan perhitungannya 1/5 x 25% = 5%.
Pada website ini tiidak menjelaskan transaksi pelayanan publik dan tidak terdapat interoperabilitas aplikasi dan data dengan lembaga lain.
·            Kategori 4 Tingkat
Nilai indikator website pada kategori ini : 4 dengan perhitungannya 4/5 x 25% = 20%.
Pada website ini memiliki aplikasi layanan untuk G2C yaitu berupa buku tamu serta layanan nomor telepon. Dan memiliki beberapa layanan G2G untuk menghubungkan ke dinas terkait.

0 komentar:

Posting Komentar