Soal essay Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

on Minggu, 18 November 2012

1.      Apa yang dimaksud dengan organisasi ?
Jawab :
Organisasi adalah wadah yang berfungsi sebagai prasarana yang digunakan sekelompok manusia yang memiliki komitmen yang sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

2.      Jelaskan hubungan antara metode dan organisasi !
Jawab :
Metode memiliki hubungan yang sangat erat dengan organisasi. Organisasi yang baik untuk mencapai tujuanya memerlukan manajemen yang baik begitupun sebaliknya untuk mendapatkan manajemen yang terbaik diperlukan sebuah Organisasi yang memiliki orang-orang yang terampil, kreatif serta mampu bekerja secara tim untuk mewujudkan cita-cita yang ingin dicapai oleh organisasi.

Walaupun sudah memiliki organisasi serta manajemen yang baik masih dibutuhkan satu lagi sebagai pelengkap yakni Metode, metode sendiri dimaksudkan sebagai alat yang digunakan sebuah organisasi untuk mencapai tujuanya, tanpa adanya metode yang tepat maka manajamen yang telah dibuat tidak akan maksimal sehinnga apa yang ingin dicapai organisasi tidak terpenuhi.

3.      Sebutkan syarat-syarat yang harus terpenuhi dalam organisasi?
Jawab :
  • Adanya struktur atau jenjang jabatan, kedudukan yang memungkinkan semua individu dalam organisasi memiliki perbedaan posisi yang jelas, seperti pemimpin, staf pemimpin dan karyawan.
  • Dalam sebuah organisasi, ada pembagian kerja. Artinya, setiap individu dlam institusi, baik yang sifatnya komersial maupun sosial, memiliki satu bidang pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
  • Secara umum, organisasi juga dapat diartikan sebagai wadah tempat orang-orang berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam hal memanfaatkan sumber daya yang digunakan secara efisien serta efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar