LAYANAN TELEMATIKA
Para
praktisi menyatakan bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari "TELECOMMUNICATION and INFORMATICS"
sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah
Telematics juga dikenal sebagai "the new hybrid technology" yang
lahir karena perkembangan teknologi digital. Menurut Wikipedia, Telematika
adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Pengertian Telematika
sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan
komputer dalam sistem telekomunikasi. Beberapa contoh yang termasuk dalam telematika
ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang
didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri
merupakan salah satu contoh dari telematika. Telematika berhubungan erat dengan
kebutuhan pengguna (user) untuk pemenuhan informasi yang dinginkan user. Hal
tersebut berhubungan dengan layanan- layanan (service) yang ada pada
telematika. Layanan-layanan tersebut dapat dikategorikan menjadi 4 layanan,
yaitu sebagai berikut :
1.
Layanan
Informasi (Information Service)
Penggunaan
teknologi telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk
meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan
kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu,
teknologi telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan
politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat.
Wartel
dan Warnet memainkan peranan penting dalam masyarakat. Warung Telekomunikasi
dan Warung Internet ini secara berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan
telepon dan internet, baik di daerah kota maupun desa, bagi pelanggan yang
tidak memiliki akses sendiri di tempat tinggal atau di tempat kerjanya. Oleh
karena itu langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan
kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan
pendidikan, mengembangkan sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan
pedesaan, serta menyediakan layanan "e-commerce" bagi usaha kecil dan
menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk Balai-balai
Informasi. Untuk melayani lokasi-lokasi yang tidak terjangkau oleh masyarakat.
Pada
layanan ini telematika menggabungkan system komunikasi dengan kendaraan
bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi secara langsung. Contohnya
:
-
Real-time traffic information (Mobile
data dan mobile television)
Real
time traffic information (Mobile data dan mobile television) memberikan kita
kemudahan mengenai arus lalu lintas yang kita butuhkan informasinya. Mobile
data dapat digunakan untuk menerima saluran TV dan program, dengan cara yang
sama ke ponsel, tetapi menggunakan TV LCD perangkat.
-
Telematik terminal
Secara umum, terminal telematika tidak
memiliki perangkat layar, cara mereka memberikan informasi gambar kepada
pengguna adalah dengan menggunakan sebuah perangkat tampilan, misalnya, yang
sudah marak digunakan saat ini adalah Liquid Crystal DispLay (LCD).
Layanan keamanan merupakan layanan yang
menyediakan keamanan informasi dan data. Layanan ini terdiri dari enkripsi,
penggunaan protocol, penentuan akses control dan audition. Layanan keamanan ini
memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi
bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya, dengan kata
lain layanan ini sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan
tidak mudah terhapus atau terhilang. Kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat
pencurian dan kejahatan.
Merupakan kemampuan layanan network untuk mengetahui
berbagai konteks yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan
penggunanaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan
parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain
lokasi user, data dasar user, berbagai prefensi user, jenis dan kemampuan
terminal yang digunakan user. Tiga hal yang menjadi perhatian sistem
context-aware menurut Albrecht Schimidt, yaitu:
1. The Acquisition of Context
Hal ini berkaitan
dengan pemilihan konteks dan bagaimana cara memperoleh konteks yang diinginkan,
sebagai contoh: pemilihan konteks lokasi, dengan penggunaan suatu sensor lokasi
tertentu (misalnya: GPS) untuk melihat situasi atau posisi suatu lokasi
tersebut.
2. The Abstraction and
Understanding of Context
Pemahaman terhadap bagaimana cara
konteks yang dipilih berhubungan dengan kondisi nyata, bagaimana informasi yang
dimiliki suatu konteks dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi, dan
bagaimana tanggapan sistem dan cara kerja terhadap inputan dalam suatu konteks.
3. Application Behaviour Based on The
Recognized Context
Terakhir, dua hal yang paling penting
adalah bagaimana pengguna dapat memahami sistem dan tingkah lakunya yang sesuai
dengan konteks yang dimilikinya serta bagaimana caranya memberikan kontrol
penuh kepada pengguna terhadap sistem.
Layanan Telematika yang terakhir ini adalah layanan
perbaikan sumber, yaitu adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan
layanan utilitas yang diperlukan. Layanan Perbaikan Sumber juga berfungsi dalam
pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar